Senin, 28 Januari 2008

Untuk yang Menyakiti

Siapapun tidak senang disakiti. Sesuai dengan kehendakNya, kita berusaha memaafkan. Itu jalan terbaik untuk kebahagiaan kita sendiri. Sebab tidak ada seorang pun yang tenang dan damai bila hatinya menyimpan dendam. Demi kesempurnaan maaf yang kita berikan, kita mendoakan juga orang itu. Kita memohonkan rahmat untuk kebaikannya.

Ya Bapa, aku mau berdoa untuk orang yang sudah menyakiti hatiku. Aku sudah memaafkan dirinya, ya Bapa dan berharap dia tidak mengalami sakit atau derita seperti yang pernah kualami. Berilah kepadanya rahmat pengampunanMu. Rahmat yang memungkinkan hatinya dipenuhi lagi oleh hangatnya cinta kasih.

Kalau memang diperlukan, ubahlah pula hatinya. Jadikanlah dia orang yang mau mengerti orang lain. Sadarkanlah bila kata-kata dan sikapnya bisa sangat menyakiti orang lain.

Ya Bapa, aku tidak senang mencari musuh. Aku ingin hidup damai dengan siapapun, termasuk dirinya. Karenanya, bantulah diriku juga untuk tetap bersabar dan iklas. Semoga aku tidak terlarut dalam rasa sakit hati dan mendendam.

Engkaulah sumber kekuatan untuk pengampunan. Engkaulah Bapaku. Terpujilah namaMu selamanya. Amin. [doa harian 23] [doa-doa lain]

Tidak ada komentar: