Senin, 28 Januari 2008

Mengerti

Kita sering kali kesal dengan diri sendiri setelah secara arogan menunjukkan rasa marah, pandangan sinis, dan sikap meremehkan. Akar semua itu adalah kurangnya kemauan mengerti orang lain. Kita hanya sibuk dengan diri sendiri. Untuk keluar dari penjara egoisme ini, kita memohon bantuan rahmat kekuatan dari Bapa.

Ya Bapa, jadikanlah aku orang yang mau mengerti kesulitan dan kebutuhan orang lain. Kekerasan hati sering menjadikanku sombong, tidak sabar, gampang tersinggung dan marah. Mungkin aku terlalu mementingkan diriku sendiri. Aku ingin orang lain pun menyesuaikan denganku, mengerti perasaan, keadaan, minat dan pendapatku.

Ubahlah aku ya Bapa. Bukan hidup seperti ini yang sesungguhnya menjadi kerinduan jiwaku. Tanamkanlah sebanyak mungkin semangat cinta kasihMu ke dalam hatiku. Aku sungguh memerlukan kekuatan besar agar dapat mendobrak keluar dari diri sendiri Hanya bantuan rahmatMulah yang akan memampukan aku.

KepadaMu ya Bapa, aku berharap. Terpujilah namaMu, kini dan selamanya. Amin. [doa harian 21] [doa-doa lain]

Tidak ada komentar: