Senin, 28 Januari 2008

Sabar

Sabar berarti memberikan waktu kepada diri sendiri agar dapat menanggapi situasi atau orang lain dengan adil dan jernih. Dengan begitu kesabaran mengantar orang pada kebijaksanaan kata-kata dan sikap. Sabar juga berarti memberi kesempatan kepada orang lain untuk berbeda dan melakukan kesalahan. Kita meniru sikap Bapa sendiri yang selalu berpengharapan kepada manusia, walaupun nyatanya selalu jatuh dalam dosa.

Ya Bapa, kuatkanlah hatiku agar tetap seteguh batu karang. Jagalah aku agar tidak gampang terburu nafsu. Berikanlah kekuatanMu sendiri untukku. Aku ingin menjadi orang yang sabar.

Jauhkanlah dariku kebiasaan buruk terlalu cepat menghakimi kesalahan orang lain. Jernihkanlah selalu pikiran dan jiwaku agar aku dapat mempertimbangkan segala sesuatunya dengan tenang dan adil.

Mungkin aku akan bertemu lagi dengan orang lain atau situasi yang tidak kusenangi. Biarlah aku tetap bersabar sebagai mana Engkau tetap mengasihi walau ditolak dan disakiti. Kuserahkan diriku ke dalam tanganMu. Bimbinglah aku sepanjang aliran waktu hidupku menuju kesabaran sejati.

Kupuji dan kumuliakan namaMu selama-lamanya. Amin. [doa harian 3] [doa-doa lain]

Tidak ada komentar: